Bolehkah Cetirizine Dikonsumsi oleh Balita?

Alergi merupakan penyakit yang sering dianggap remeh oleh banyak orang. Faktanya, alergi yang sangat kronis dapat menyebabkan kematian penderitanya. Banyak sekali obat-obatan yang dijual secara bebas di apotek untuk menanggulangi alergi. Salah satu obat yang sangat umum dikonsumsi penderita alergi adalah Cetirizine.

Cetirizine tergolong pada obat alergi generik yang digunakan untuk meredakan gejala alergi yang muncul seperti pilek, bersin terus menerus, batuk, mata berair, hidung yang merah dan gatal, urtikaria, serta gatal-gatal disertai panas pada tubuh. Pertanyaan yang sering muncul adalah bolehkah obat ini dikonsumsi oleh balita? Untuk mengetahui lebih lanjut tentang jawaban dari pertanyaan tersebut, marilah kita perhatikan penjelasan secara detail oleh dokter dibawah ini.

Ternyata Cetirizine Diperbolehkan untuk Dikonsumsi oleh Balita

Pemberian obat-obatan hendaknya tidak boleh sembarangan dan harus mematuhi aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh dokter. Tidak terkecuali pemberian obat pada anak berusia lima tahun ke bawah yang membutuhkan kehati-hatian lebih ekstra. Hal ini juga berlaku ketika akan memberikan obat Cetirizine kepada balita. Dikarenakan obat alergi ini tergolong obat yang keras.  Pemberian obat Cetirizine secara sembrono akan mengakibatkan efek negatif pada bayi dibawah umur lima tahun.

aplikasi obat apps

dr. Devia Irine Putri mengatakan bahwa obat cetirizine ini aman diberikan kepada bayi sejak berusia enam bulan. Akan tetapi, penggunaan obat keras seperti cetirizine harus diminum dengan panduan resep dokter dan sangat tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsinya melebihi dosis yang telah dianjurkan oleh dokter.  dr. Devia juga mengatakan bahwa apabila mengkonsumsi cetirizine dalam bentuk tablet kunyah harus benar-benar dikunyah sampai hancur sebelum akhirnya ditelan. Apabila cetirizine dalam bentuk tablet yang mudah larut, maka Kamudisarankan untuk mengkonsumsinya dengan cara meletakkannya di lidah lalu ditelan dengan atau tanpa air. Balita yang sedang mengalami gejala alergi sangat disarankan untuk mengkonsumsi obat alergi dalam bentuk cair dengan dosis yang sudah disarankan oleh dokter.

Efek Samping Cetirizine

Mengkonsumsi cetirizine dapat menyebabkan beberapa efek samping, seperti kantuk yang terjadi secara tiba-tiba, badan terasa lemas, mulut dan kerongkongan menjadi kering, mual, bahkan perasaan tidak nyaman pada perut juga dapat terjadi. Hal yang sangat penting untuk diperhatikan saat alergi sudah cukup kronis adalah langsung segera membawa penderita ke rumah sakit atau dokter terdekat untuk mendapatkan pertolongan medis secara cepat. Beberapa tkamudari alergi kronis adalah munculnya rasa gatal, ruam di hampir sekujur tubuh, bengkak pada bagian tubuh tertentu, seperti wajah, tenggorokan, telapak tangan dan kaki, rasa pusing yang hebat, dan sesak napas.

Dosis yang Dianjurkan untuk Balita

Dosis yang diberikan pada bayi dibawah umur lima tahun biasanya ditentukan berdasarkan umur, rekam medis, dan respons anak pada pengobatan tertentu.  Bagi para orangtua sangat tidak dianjurkan untuk mengurangi ataupun menambah dosis cetirizine yang sudah diberikan oleh dokter. Menurut dr. Devia, dosis yang diberikan untuk bayi berusia enam bulan sampai dua tahun adalah sebesar 2,5 mg. Sedangkan untuk anak usia dua sampai enam tahun adalah 2,5 sampai 5 mg. Untuk anak-anak usia dua sampai lima tahun yang mengkonsumsi cetirizine sirup, dosisnya adalah 2,5 ml hingga 5 ml dan dikonsumsi dua kali sehari. Jika orangtua terlambat untuk memberikan obat, disarankan untuk melewati saja dosis yang terlewat tersebut. Orangtua dilarang untuk memberikan dosis gkamukepada anak.

Penjelasan lebih detail dengan dilengkapi aturan dosis yang lebih detail untuk bayi dibawah lima tahun dapat didapatkan dengan konsultasi lebih lanjut dengan dokter anak melalui fitur aplikasi obat apps di Klikdokter.com.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>